Sunday 28 October 2012

Pembinaan Siaga - Penggalang


 Pramuka ITB kini tengah bersemangat untuk membangkitkan lagi Pramuka sebagai Gugus Depan Lengkap 06005-06006 dari mulai Satuan Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega. Dan untuk baru-baru ini concern kita adalah di Pembinaan Pramuka Siaga dan Penggalang. Kakak-kakak di Pramuka ini, ingin Pramuka ITB itu minimal mempunyai satu barung dan satu regu, akan lebih baik jika sampai mempunyai satu perindukan atau pasukan.
Pembinaan Siaga – Penggalang ini merupakan salah satu program kerja Pramuka ITB. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Minggu dari jam 08.00 – 12.00 WIB. Kegiatan-kegiatannya banyak dan variatif, sehingga tempat latihannya pun berbeda-beda. Tapi tetap saja untuk gathering point di kampus ITB, karena kita melaksanakan Upacara Pembukaan dan Penutupan Latihan terlebih dahulu.
Fenomena yang dihadapi untuk Pembinaan Pramuka saat ini adalah bagaimana membangkitkan kembali semangat-semangat dan kesadaran generasi muda akan pentingnya pembinaan karakter. Sehingga Pembinaan Pramuka di ITB ini tidak mutlak dan kaku pada kepramukaan. Inilah nilai positifnya yang kami bawa, bagaimana Pendidikan Kepanduan bisa dikolaborasikan dengan basic pengetahuan dan keilmuan yang dimiliki di ITB, sehingga Pramuka itu tidak terkesan hanya Semaphore, Morse dan Tali Temali. Banyak hal yang kita berikan, mulai dari pengetahuan Pramuka sampai pengetahuan yang berbasis sains dan teknik, mulai dari yang basic sampai yang advance dan kegiatan-kegiatan bermanfaat lainnya.
Untuk sementara, Siaga dan Penggalang yang terdaftar dan sering latihan di Pramuka ITB ada 11 orang, yaitu:
SIAGA PUTRA
-          Ikhwan Zulfar Althafa W
-          Sobri
-          Bimo
-          Samudra Raihan Emir
SIAGA PUTRI
-          Nafissuha Zharifah
-          Nisa
PENGGALANG PUTRA
-          Satrio Sahasraya
-          M. Hafizhankarim W
-          M. Izzarrasyadi W
-          Alam Raihan Emir
PENGGALANG PUTRI
-          Sekar Widyaningrum
Apresiasi buat Kak Edi Cahyono yang rajin sekali membina adik-adiknya, tapi perjuangan baru dimulai kakak-kakak semua, ini masih jauh untuk menjadi satu regu atau barung putra – putri. Partisipasi dari semua anggota Pramuka ITB sangat diperlukan disini. Jadi dengan Semangat Sumpah Pemuda mari kita tingkatkan dan majukan lagi Pramuka ITB, jayalah-jaya Pramuka ITB selama-lamanya.
Ini ada beberapa screen shoot dari Pembinaan Siaga – Penggalang yang telah berjalan beberapa kali pertemuan.
Eksis dikit napa? 

 Para juara tebak ayam.

 Anak Siaga aja hebat dan semangat, mana ya kakak Penggalangnya?

Pembinanya udah ngantuk tuh, kasihan banget itu kak "ganteng" (tapi kata oby sama suha gk ganteng) 

Bagaimana kakak, hebat-hebat kan adik Siaga – Penggalang kita? HeheJ, maaf ya malah kemana-mana ini postingnya. Sudah ah terimakasih dan SALAM PRAMUKA!

Salam : Andhika

No comments:

Post a Comment