Monday 27 February 2012

Karir Dalam Matematika


Karir Dalam Matematika

Cukup terkejut juga ketika pertama kali membaca-baca tulisan tentang karir dalam matematika di websites www.maa.org/careers. Ternyata di negara maju sains terutama matematika benar-benar sangat dihargai. Bukan hanya dihargai karena sebagai dasar dari ilmu pengetahuan, tetapi juga karena memang matematika sangat dibutuhkan dan nyata keberadaannya.
Kebanyakan orang-orang awam di Indonesia, termasuk orang tua – orang tua kita menganggap bahwa karir dalam matematika pada akhirnya akan menjadi pengajar. Tetapi keadaannya memang benar seperti itu. Di www.maa.org/careers disebutkan bahwa karir terpopuler di Amerika dari matematika adalah sebagai pengajar. Mungkin karena terlalu populernya sehingga karir-karir lainnya tersisihkan dan tidak dilihat. Padahal masih banyak lagi karir lain yang bisa dikembangkan oleh orang matematika.
Karir seorang matematikawan yang cukup populer di Amerika adalah seperti Actuarial science, computing science, operation research, biomathematics, cryptography, dan finance. Setiap bidang tersebut memiliki keterkaitan dengan matematika. Mungkin ketika saya menyebutkan kalimat itu orang menganggap hal itu wajar. Karena di hampir setiap job, pasti membutuhkan kalkulasi. Tetapi ternyata permasalahan tidak sesederhana itu. Ketika suatu permasalahan sudah semakin kompleks maka dibutuhkan matematikawan yang betul-betul mendalami matematika.
Ternyata memang sudah sejak lama matematika berkontribusi besar ke dunia dari mulai permasalahan teknologi tercanggih sampai teknologi menumpuk jeruk agar memaksimalkan wadahnya. Setelah menelusuri lebih jauh di http://weusemath.org/ ternyata memang di dunia nyata matematika telah memberikan kontribusi besar untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang semakin ke sini menjadi semakin kompleks.
Setelah menelusuri semua itu maka tidak mengherankan ketika saya membaca http://online.wsj.com matematika menempati peringkat pertama sebagai The Best Job. Dalam situs tersebut disebutkan The Best and Worst Jobs dari hasil sebuah studi.
Memang di Negara kita keadaanya masih berbeda. Sains belum terlalu dihargai. Tapi seiring dengan perkembangan jaman kenyataan akan berbicara bahwa pemahaman matematika yang mendalam akan sangat dibutuhkan untuk menyelesaikan masalah yang semakin kompleks. Karena pada dasarnya, “Mathematics is more than a tool for solving problems; mathematics courses can develop intellectual maturity”

No comments:

Post a Comment